MASJID JABAL ARAFAH BATAM

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah…. tanpa sengaja saya sholat di Masjid Jabal Arafah Kota Batam. Kenapa saya sampaikan tidak sengaja, karena sebelumnya kami hanya bermain di pusat pertokoan lubuk Baja. Ketika waktu sholat datang kami meencari tempat sholat, maka ketemulah masjid ini. Masya Allah… masjidnya sangat menarik dan cukup unik… Alhamdulillah.

Masjid Jabal Arafah

Letak

Masjid Jabal Arafah Batam, adalah Masjid unik yang terletak di Jalan Imam Bonjol Nagoya Batam. Kawasan ini terkenal dengan pusat bisnis, tempat berdirinya Nagoya Hill dan Bank Mandiri Nagoya. Masjid berada di perbukitan, oleh karena itu juga mungkin namanya masjid tersebut ada kata Jabal yang dalam Bahasa arab berarti bukit.

Lokasi di pusat bisnis Nagoya Hill Batam


Sejarah

Dari beberapa keterangan yang saya dapat masjid ini dibangun oleh sebuah yayasan yang bernama sama dengan nama masjidnya, dan seorang pengusaha kaya bernama Asman Abnur sebagai donatur utamanya. Asman Abnur tak lain pemilik berbagai usaha seperti Vitka (SPBU, Apotik, tempat futsal, BPR). Asman yang merupakan putra Minangkabau asal Pariaman yang pada saat ini menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia. Masjid yang diresmikan pada tahun 2013.

Arsitektur

Berhubung letak masjid ini berada pada kawasan dengan bentuk kuntur yang cukup tinggi, maka kondisi itu dimanfaatkan oleh perancangnya untuk membuat masjid yang cukup unik. Karena berada dibukit maka bentuk bangunan dibuat beberapa level. Pada level pertama djadikan tempat parkir kendaraan, kantor pengelola masjid, tempat jualan dan taman. Pada level kedua terdapat cafe, mini market, tempat penitipan sandal, dan taman dan kolam ikan koi dan ikan mas.

Bentuk bangunan Dibuat Beberapa Level
Mengikuti Kontur Tanah


Level pertama tempat parkir, tempat jualan dan taman

Level kedua taman cafe, mini market, tempat penitipan sandal,
dan taman dan kolam ikan koi dan ikan mas

Level kedua taman cafe, mini market, tempat penitipan sandal,
dan taman dan kolam ikan koi dan ikan mas


Yang juga unik dari masjid ini yaitu terdapatnya menara pandang dengan ketiggiaan 36 m. Untuk naik ke manara terdapat lift. Di atas manara dikelilingi oleh kaca sepintas seperti manara pengamat yang ada di lapangan terbang. Dari ketinggian ini pengunjung dapat melihat sekeliling, sebagian pusat keramaian Batam dengan kaki langit gedung tinggi Singapura (apabila cuaca cerah).

Menara pandang dengan ketiggiaan 36 m

Pemandangan dari puncak manara ke arah Singapura 

Memandang sekiling Kota Batam dari Puncak Manara

Masjid ini juga dilengkapi dengan perpustakaan yang nyaman serta dilengkap dengan AC. Semua pengunjung boleh meminjam koleksi buku yang beragam seperti buku agama, buku umum, koran, majalah dan lain-lain. Disamping itu juga tersedia jaringa internet serta beberapa komputer.

Fasilitas perpustakaan dan internet gratis

Dengan demikian masjid ini tidak hanya tempat ibadah juga menjadi tempat wisata, ekonomi dan pendidikan.

Dilihat dari interior, masjid ini mengadopsi arsitektur modern yang simple dan indah. Penataan lampu juga simpel. Mihrab dilengkapi dengan podium kecil dengan keligrafi di kiri kanannya.

Interior minimalis modern

Interior minimalis modern

Tempat wudhu dirancang sedemikian rupa dengan bahan material yang cukup mewah. Dilihat dari jumllah dan persediaan airnya juga sangat baik. Lokasi toilet satu areal dengan tempat wudhu. Aspek penerangan ruang wudhu dan toilet senantiasa terjaga fungsinya. Sistem sirkulasi udara dengan ventilasi yang besar.

Tempat wudhu bersih dan mewah


Di pinggir masjid dapat dilihat sebuah maket rencana Masjid. Terlihat bahwa masjid ini akan dibuat sebanyak empat lantai. Ruang tempat sholat sekarang ini nantinya akan merupakan ruangan serbaguna. Tempat sholat nantinya di lantai dua dan lantai tiga. Lantai empat digunakan sebagai kantro dan ruang pertemuan.

Maket rencana pengembangan masjid

Subhanallah Walhamdulillah Walailahaillallah Wallahuakbar
astaghfirullah hal adzim
Maha suci bagi Allah, segala puji bagi Allah, tidak ada satu Tuhan pun yang disembah kecuali Allah, dan Allah maha besar.Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung


Batam, 20 Pebruari 2017

Lihat tulisan sebelumnya:
4. Masjid Ramlie Musofa

Komentar

  1. mau nanya, kan boleh pinjam tuh bukunya dari perpus, itu bukunya boleh gk dibawa pulang buat minjam, buat beberapa hari gitu, makasih kak

    BalasHapus

Posting Komentar